Musim Hujan Tiba, Flu Menyerang...

Thursday, November 19, 2009 |

Musim hujan telah tiba... Banjir dimana-mana... Hujan lebat bahkan sering disertai angin besar semisal puting beliung yang mampu merobohkan rumah-rumah dan dapat pula menerbangkan orang dewasa lalu menjatuhkannya ke sawah (beneran terjadi lhoh... wakakak...). Musim penghujan musim penyakit, diantaranya virus influenza.

Aku tak berdaya dengan virus influenza yang mampir dan tidak mau pergi.
Barangkali aku yang terlalu workaholic dan membiarkan serangan2 virus menyukai tubuhku yang kehilangan daya tahannya.

Beberapa cara-cara penyembuhan alami yang aku lakukan untuk cepat sembuh, setidaknya membuat merasa jauh lebih baik.

  1. Habbatussauda (Jinten Hitam). Obat herbal yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Maka, flu bakal lebih cepat sembuh jika diobati dengan obat herbal. Di samping itu, efek samping penggunaan obat herbal lebih ringan. Meskipun jarang, pada beberapa orang, obat herbal juga bisa menyebabkan reaksi alergi.
  2. Minum Jahe Hangat. Minuman herbal memang sebaiknya dikonsumsi hangat supaya lebih mudah diserap tubuh.
  3. Minum Cokelat, bermanfaat untuk meredakan flu. Cokelat mengandung analog xanthin yang membuat rongga hidung tidak mampet.
  4. Vitamin C. Manfaat vitamin C dalam membasmi flu sampai saat ini belum jelas. Beberapa studi menunjukkan kalau vitamin C bisa mempersingkat waktu alami flu. Beberapa studi yang lain juga menunjukkan kalau vitamin C bisa mencegah flu. Bahkan, dalam studi yang lebih besar, penderita flu pulih lebih cepat setelah mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar (8000 miligram) pada hari hari pertama flu. Tetapi, mengkonsumi lebih dari 2000 miligram vitamin C per hari bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal dan diare.
  5. Sup Ayam. Sup ayam tidak hanya enak dimakan tetapi juga bermanfaat dalam mengatasi flu. Sup ayam bisa membantu mengatasi gejala flu dengan berbagai cara. Menghisap uap panasnya bisa melegakan saluran pernapasan. Cairan sup bisa mencegah terjadinya dehidrasi.
    Beberapa pakar juga menyatakan kalau sup bisa meredakan peradangan. Dari hasil percobaan laboratorium , para peneliti telah menemukan adanya kandungan anti peradangan di dalam sup. Tetapi, masih belum jelas apakah hal ini benar-benar bisa
    menyembuhkan flu.
  6. Teh Hangat. Minum teh mempunyai beberapa khasiat yang sama dengan sup. Menghirup uap pansnya akan melegakan saluran pernapasan, sedangkan cairan air panas itu sendiri bisa melegakan tenggorokan dan menjaga tubuh tidak kekurangan cairan. Teh hitam dan teh hijau lebih disarankan. Selain manfaatnya di atas, kedua teh ini juga kaya akan antioksidan.
  7. Salep Menthol. Kulit di sekitar lobang hidung bisa tegores dan teriritasi karena sering digosok atau dibersihakan. Untuk mengatasinya, oleskan salep mentol di bawah hidung. Salep mentol mempunyai kandungan yang bisa meredakan sakit pada kulit yang tergores. Selain itu, menghirup uap yang mengandung mentol bisa membantu membuka saluran pernapasan yang terblok.
  8. Nasal Strip. Cara lain untuk meredakan hidung mampat terutama pada malam hari adalah dengan menggunakan nasal strip (sejenis plester yang bisa ditempel di hidung). Strip ini berfungsi membuka saluran pernapasan. Walaupun tidak bisa melegakan hidung sepenuhnya, tetapi bisa memperluas ruang saluran udara.
  9. Demam. Demam merupakan cara penyembuhan alami. Kenaikan suhu tubuh secara aktif akan melawan flu. Hal ini karena kenaikan suhu membuat kuman penyebab flu tidak bisa bertahan hidup. Demam sedang dalam beberap hari akan membuat Anda merasa lebih baik. Tetapi, pastikan agar Anda tidak kekurangan cairan.
  10. Tidur yang cukup juga merupakan salah satu upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat yang cukup bisa melawan kuman secara langsung. Selain itu, sangat penting untuk menjaga kehangatan tubuh. Hal ini akan membantu sel-sel imun untuk melawan kuman.
Okey... Apabila Anda mengalami gejala-gejala penyakit flu, cara diatas dapat dilakukan.

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat







0 comments:

Post a Comment

CO.CC:Free Domain Free Website Hosting Adsense Indonesia